Minggu, 11 Juni 2017

Form dan Properti pada Visual Basic

Apa yang dimaksud dengan Form?
Form adalah Suatu wadah atau tempat untuk mendesain dan menempatkan objek atau kontrol dalam membuat sebuah aplikasi program. Yang dapat di ibaratkan sebuah kanvas bagi seorang pelukis, dimana sob dapat dengan bebas menuangkan ide-ide yang sob miliki untuk merancang desain sebuah aplikasi.


Pengertian Properti
Properti merupakan atribut yang melekat pada suatu control ruang berfungsi menentukan sifat atau karakteristik control yang bersangkutan sob, misalnya jenis huruf,warna,ukuran,dan sebagainya.
Setiap control pada VB masing-masing memiliki property yang berbeda. Ada macam-macam properti sob. Berikut macam properti yg terdapat di form:
1.       Align
Fungsinya adalah mengatur perataan control pada form . property ini terdapat pada control data,picture Box,dll.
2.       Appearance
Berfungsi mengatur tampilan control. Terdapat pada control picturebox,checkbox,button,optionbutton,frame,textboxt,listbox,image,dll
3.       Back Colour
Berfungsi mengatur warna latar belakang control.  Didalamnya terdapat dua tab yaitu tab pallete dan system. Property ini terdapat di hampeir semua control seperti form,label,textbox,button,dll
4.       Font
Berfungsi mengatur jenis serta ukuran font pada control. Untuk mengatur font tekan tombol dengan ilustrasi titik 3 buah. Properti ini terdapat di semua control.selanjutnya akan muncul control dialog Font. Tentukan jenis ,style serta ukuran font yang diinginkan dan tekan tombol OK.
5.       Name
Berfungsi member nama suatu control.  Properti  ini terdapat pada semua control. Name sangat diperlukan dalam pengisisan listing program serta sebagai indikasi suatu control.
6.       ForeColor
Berfungsi mengatur warna tulisan pada control.  Dalam property ini terdapat dua tabs yaitu pallete dan system. Property ini terdapat pada beberapa control seperti frame,textbox,label,button,dll.
7.       Autosize

Berikut adalah contoh desain form dari lable, command button, dan text box
1.      Label


2.    Command Button


3.    TextBox



sumber : blog lama saya http://anamrw.blogspot.co.id/2014/11/form-dan-properti-pada-visual-basic.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar